FN-online.com

1500 Anak Sekami Keuskupan Ruteng Gelar Pensi

Dalam rangka HUT 170 Anak Misioner Sedunia kerjasama dengan lembaga WVI Ruteng
Ruteng, FN-online.com. Memasuki usia 170 tahun Anak Misioner Sedunia (AMS), Birgios Kepausan Keuskupan Ruteng menggelar pentas seni yang dilaksanakan di MCC Ruteng, Minggu (3/2). Pentas seni tersebut dihadiri oleh 17 Paroki yang tersebar di Keuskupan Ruteng di tiga wilayah yaitu Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur.
17 Paroki tersebut yakni Paroki St. Gregorius Borong, Paroki St. Vitalis Cewonikit, Paroki Hati Kudus Yesus Golowelu, Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Paroki St. Fransiskus Asisi Karot, Paroki Sta. Maria Asumpta & St. Yoseph Katedral, Paroki St. Yoseph Kisol, Paroki St. Mikael Kumba, Paroki St. Klaus Kuwu, Paroki  St. Paulus Mano, Paroki Kristus Raja Mbaumuku, Paroki St. Monfort Poco, Paroki St. Nikolaus Golodukal, Paroki Roh Kudus Timung, Paroki St. Petrus Tilir, Paroki St. Fransiuskus Xaverius Poka, dan Paroki St. Yohanes Rasul Wangkung Rahong.
Pentas seni (Pensi) yang dilakukan oleh Anak-anak Misioner atau Serikat Kepausan Anak Misioner (Sekami) tahun 2013 ini di Keuskupan Ruteng didukung oleh Wahana Visi Indonesia (WVI), Pemkab Manggarai dan beberapa Paroki se-Keuskupan Ruteng, para Suster dan Biarawan/ti lainnya. Pentas seni yang dibawakan oleh anak-anak sekami yaitu berupa dance, tarian, tepuk sekami, puisi, dan lagu, dan tarian.
Kegiatan tersebut dibuka dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Ruteng, Rm. Laurens Sopang, Pr, bersama dengan Rm. Hiro Bandur, Pr, Rm. Belasius Harmin, Pr, Rm. Herman Ando, Pr, dan Rm. Emilianus Jehadus. Dengan paduan koor dbawakan oleh Sekami St. Nikolaus Golodukal.
Dalam kotbahnya, Rm. Laurens Sopang, Pr, menegaskan bahwa anak-anak Sekami Keuskupan Ruteng harus menjadi bintang, matahari dan bulan di tengah-tengah umat sekarang dan di masa mendatang sesuai dengan visi Keuskupan Ruteng yaitu terwujudnya Gereja lokal Keuskupan Ruteng yang mandiri, misioner dan memasyarakat.
Mewakili Birgios Kepausan Keuskupan Ruteng, Sr. Gabriela dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya pentas seni itu dalam rangka memperingati hari Anak Misioner Sedunia (hari ini-red) dan untuk menjadikan kesempatan ini (kegiatan hari ini-red) sebagai wadah bina dan perangkat kualitas iman anak remaja dan missioner di wilayah Keuskupan Ruteng.
Dikatakannya bahwa kesempatan ini adalah kesempatan istimewa. “1500 anak dari berbagai Paroki di Keuskupan Ruteng, baik Kevikepan Borong, Kevikepan Labuan Bajo dan Kevikepan Ruteng, datang dengan penuh semangat kumpul dengan anak-anak sekami lainnya untuk saling mengenal dan membantu. Hal ini didukung oleh motto sekami yaitu children helping children, anak membantu anak”, kata Sr. Gabriela.
Wakil Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH, MH, dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan hari ini adalah sebuah berkat karena karakter bangsa ini dimulai dengan kegiatan semacam ini. “Apa yang terjadi hari ini tergantung pada apa yang dibuat kemarin. Karena itu, apa yang dibuat oleh para Suster hari ini adalah bagian dari kegiatan “masyarakat sadar” untuk membentuk karakter bangsa yaitu empati, jujur, mandiri, displin, solidaritas. Hal-hal seperti ini yang dibutuhkan bangsa ini ke depan”, kata Deno.
Kepada orang tua, para remaja, dan Suster di Keuskupan Ruteng, Deno berpesan agar orang tua membiarkan anak masuk ke mana saja, di beladiri, Sekami, dan lain-lain. Jangan melarang mereka karena merasa rugi. “Di usia-usia seperti ini dibutuhkan anak-anak untuk membentuk karakternya”, himbau Deno.
Kaum remaja, Deno juga diminta untuk terus beraksi, bergabung dalam kelompok berfaedah. “Apa yang kamu kerjakan barangkali belum kamu rasakan manfaatnya sekarang. Kalau sering bergiat, dalam 20-25 tahun kamu akan tumbuh menjadi pemimpin yang berkarakter. Jangan berhenti, malas untuk ikut pembinaan”, pinta Deno.
Atas keberhasilan pembinaan anak-anak Sekami, Wabup Deno menyampaikan terima kasih kepada Suster-suster di Keuskupan Ruteng atas jerih payah mereka membangun Negara. “Ini sebenarnya adalah tugas pemerintah, tetapi pemerintah sangat terbatas. Tetapi sebagai warga Negara patutlah kita berjuang bersama-sama untuk membangun negeri. Sebab kemajuan sebuah pembangunan adalah tugas pemerintah, dunia usaha dan civil society. Terima kasih sekali lagi saya ucapkan kepada para Suster”, ujar Deno.
Pimpinan Wahana Visi Indonesia (WVI) Ruteng, Tommy Pinem, yang diwawancarai fn-online.com, di MCC Ruteng, Minggu (3/2) saat ditanya media ini terkait kontribusinya terhadap kegiatan Pensi AMS hari ini, Pinem mangatakan WVI Ruteng dan Asia Development Programe (ADP)  yang  salah satu lembaga masyarakat yang bergerak di bidang anak dalam kegiatan tersebut hanya kolaborasi kegiatan saja. “Dari perspektif anak, apa yang dirasakan anak misalnya saat terjadi bencana, apa yang mereka bisa petakan terkait isu bencana dan apa yang mereka alami tentang bencana. Itu saja kolaborasinya”, kata Pinem.
Untuk diketahui bahwa WVI selama berada di Manggarai raya banyak membantu anak-anak sekami di Paroki-paroki. Mereka sering bekerjasama dengan Paroki-paroki terutama persoalan yang terjadi pada anak.
Dewan Pastoral Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Victor Madur yang diwawancarai media ini ketika diminta komentarnya terkait kegiatan Pensi tersebut, Madur mengatakan bahwa pada prinsipnya dirinya sangat mendukung sekali penyelenggaraan kegiatan ini. Tetapi sebaiknya, semua Paroki di Keuskupan Ruteng harus terlibat. Masih ada Paroki yang tidak terlibat, kalau bisa ke depan semua Paroki bisa bergabung karena kegiatan ini sangat membantu anak-anak dalam membentuk karakternya dan mengenal teman-teman sekami dari Paroki lain”, ungkap Madur.
Dalam memeriahkan kegiatan pentas seni ini, dua orang gadis cantik Lioba Arni Umbu Jafri (17) dari Paroki St. Vitalis Cewonikit, yang masih duduk di SMNI Langke Rembong dan Maria Faustina Nur (19) dari Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, masih kuliah di STKIP St. Paulus Ruteng, sebagai pemandu acara/emsi dengan penguasaan materi Sekami yang tidak diragukan mampu membangkitkan semangat dan kegembiaraan anak-anak. Tidak hanya anak-anak yang digembirakan malahan orang tua juga begitu bersemangat mengikuti semua rangkaian acara. Acara tersebut berlangsung ramai dan penuh rasa persaudaraan, terutama kegembiraan persaudaraan pada anak-anak Sekami.
Turut hadir dalam kegaitan akbar tersebut, Wakil Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH, MH, SKPD Lingkup Pemkab Manggarai, Ansel Asfal, Viktor Madur, Marsel Gambang, Hila Jonta, Frans Kakang, Frans Atom, dan Heri Ngabut. Hadir pula Romo Kepala Puspas Ruteng, Rm. Dr. Martin Chen, Pr, para Suster, Frater dan Bruder dan Pembina Sekar Sekami dari 17 Paroki termasuk beberapa orang tua sekami. (Melky Pantur)
Share this post :

Poskan Komentar

Berikan tanggapan yg bijak & santun !!

iklan

iklan

iklan

iklan

iklan

iklan

iklan

iklan

iklan

iklan

Template Information

KURSTengahJualBeli
USD9.71710.1069.328
EUR12.44412.94211.946
GBP14.75815.34814.168
JPY10310799
MYR3.1383.2643.012
SGD7.8378.1507.524
HKD1.2521.3021.202
CNY1.5641.6271.501
SAR2.5912.6952.487
AUD10.13010.5359.725
Update: YF, 29-03-2013 14:01 WIB kurs tengah/jual/beli nilai tukar Rupiah
     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2011. FN-online.com - All Rights Reserved
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger